Ideas

Sudah lama sebenarnya saya ingin menulis tips-tips membuat karya ilmiah, terutama membantu mahasiswa-mahasiswa yang kesulitan untuk memulai dan menyelesaikannya. Pada dasarnya, karya ilmiah adalah laporan penelitian singkat bernilai 6 sks, yang secara teoritis dapat ditempuh selama 1 semester (bayangkan buat anda-anda yang lumayan encer bisa sukses 24 sks per semester). Penulisan skripsi memang gampang-gampang susah. Beberapa hal yang membuat skripsi jadi kompleks bukan tentang materi, tapi tidak sinkronnya permintaan dosen dan kualitas tulisan mahasiswa.

Hubungan dosen pembimbing dan mahasiswa merupakan hubungan yang unik. Saya akan bilang hubungan tersebut lebih “partnership” . Dalam proses interaksinya, mahasiswa biasanya dibuat bingung oleh permintaan dosennya yang kadang-kadang tidak masuk akal. Akan tetapi yang sebenarnya terjadi adalah tidak sampainya maksud dosen tersebut kepada mahasiswa. Dilain fihak, dosen pembimbing merasa mahasiswa yang masuk dalam masa skripsi sudah mendapat bekal yang cukup untuk mengerjakan skripsi. Oleh karena itu, ekspektasi dosen ke mahasiswa kadang juga berlebihan. Saya yakin  tidak ada seorang dosen pun yang ingin mahasiswanya tidak cepat lulus (kalo ada mungkin sebaiknya diperiksa). Pun juga mahasiswa, tidak ada yang ingin menghabiskan duit untuk bayar uang semester (skali lagi, kalo ada mungkin sebaiknya dilaporkan ke orang tua). Akan tetapi, masa-masa skripsi seperti penulisan, konsultasi, menunggu dosen, revisi dll kadang membuat hubungan ini menjadi “tidak harmonis”.

Saya percaya baik dosen maupun mahasiswa mempunyai tujuan yang sama, lulus, tapi sistem yang ada kadang tidak memungkinkan. Memang disadari (sbg mantan mahasiswa & dosen aktif :) )  perlu perubahan sistem dan kemauan dari dosen dan mahasiswa. Satu hal yang saya cermati adalah pentingnya jembatan komunikasi antar dosen dan mahasiswa. Sebagai tanggung jawab saya sebagai dosen (meski masih sekolah hehe), saya akan menulis kisi-kisi “revolusi” penulisan skripsi, tesis atau disertasi versi saya secara bertahap di blog ini dalam kategori “Menulis Tugas Akhir“. Saya yakin tulisan di blog ini akan lompat-lompat, akan tetapi semoga diakhir nanti bisa di’bendel’ dalam sebuah buku yang bisa jadi pegangan. Segala macam usul dan perbaikan akan diterima dan dipertimbangkan.